VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
VISI
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April memiliki visi, “Pada 2036 menjadi program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan ketaqwaan, professionalisme, kemandirian, kecerdasan, dan menjunjung tinggi kearifan lokal.”
MISI
Adapun untuk mencapai visi di atas, misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April adalah sebagai berikut.
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan atau praktisi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul, professional, mandiri, serta menjunjung tinggi kearifan lokal.
- Mengembangkan suasana akademik secara efektif dan efesien berbasis kearifan lokal dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra
- Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Melaksanakan kegiatan ilmiah yang inovatif dan kreatif serta pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri yang relevan untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
TUJUAN
Berdasarkan visi dan misi di atas, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April memiliki tujuan sebagai berikut.
- Menghasilkan lulusan yang bertakwa, unggul, profesional, dan mandiri, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan filsafat ilmu dan konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan multidisipliner.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
- Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi agar mampu bersaing secara global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.yang bertakwa, unggul, profesional, dan mandiri, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan filsafat ilmu dan konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan multidisipliner.
PROFIL LULUSAN
Berdasar pada KKNI serta tinjauan pada visi, misi, dan tujuan program studi, profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April sebagai berikut.
- Pendidik yang bertakwa kepada Tuhan YME, bermoral, beretika, dan berkeperibadian yang baik, bangga dan cinta tanah air, serta memiliki keunggulan intelektual, kepekaan sosial, menghargai keaneka ragaman budaya, serta memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Pendidik yang mampu mengembangkan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara proporsional dan profesional dalam dunia pendidikan, serta mampu bersosialisasi di masyarakat dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Praktisi pendidikan bahasa yang memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan terutama dalam ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan menggunakan berbagai pendekatan baik pendekatan inter maupun multidisipliner.
- Peneliti yang kompeten dan mampu mengelola riset dan pengembangan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui berbagai kegiatan penelitian dengan menghasilkan karya kreatif, inovatif, original dan teruji secara intra dan interdisiplin keilmuan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat dan keilmuan, serta dapat mempublikasikan dan mengomunikasikannya baik secara lisan maupun tulisan yang mendapat pengakuan nasional dan internasional.
- Eduprener yang kompeten dalam mengaplikasikan konsep kewirausahaan secara inovatif dan kreatif dalam merancang dan mengelola lembaga pendidikan.
KURIKULUM
No |
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
1 | MKU2422101 | Filsafat Ilmu |
2 |
1 |
2 | IND2422101 | Struktur Bahasa Indonesia |
2 |
1 |
3 | PEN2422101 | Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
1 |
4 | IND2422102 | Sastra Indonesia |
2 |
1 |
5 | IND2422103 | Kajian dan Penulisan Jurnal Ilmiah |
2 |
1 |
6 | IND2422104 | Analisis Wacana Kritis |
2 |
1 |
7 | IND2422205 | Metodologi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia |
2 |
2 |
8 | PEN2422202 | Etnopedagogi (Pengembangan Pendidikan Berbasis Budaya) |
2 |
2 |
9 | IND2422206 | Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia |
2 |
2 |
10 | MKP2422201 | Filsafat dan Teori Pendidikan * |
2 |
2 |
11 | MKP2422202 | Semantik* | ||
12 | MKP2422203 | Pragmatik * | ||
13 | PEN2422203 | Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia |
2 |
2 |
14 | IND2422207 | Sosiolinguistik |
2 |
2 |
15 | IND2422308 | Psikolinguistik |
2 |
3 |
16 | PEN2422304 | Aplikasi Statistika Penelitian Pendidikan |
2 |
3 |
17 | IND2422309 | Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia |
3 |
3 |
18 | IND2422310 | Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra |
2 |
3 |
19 | MKP2422304 | Kritik dan Esai Sastra* |
2 |
3 |
20 | MKP2422305 | Sastra Kontemporer * | ||
21 | IND2422411 | Tesis |
6 |
4 |
Jumlah SKS yang Ditempuh |
41 |