Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
Dr. Asep Saepurokhman, M.Pd.
Dr. Asep Saepurokhman, M.Pd. (Kaprodi)

VISI

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April memiliki visi, “Pada 2036 menjadi program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan ketaqwaan, professionalisme, kemandirian, kecerdasan, dan menjunjung tinggi kearifan lokal.”

 

MISI

Adapun untuk mencapai visi di atas, misi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan atau praktisi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul, professional, mandiri, serta menjunjung tinggi kearifan lokal.
  2. Mengembangkan suasana akademik secara efektif dan efesien berbasis kearifan lokal dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra
  3. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Melaksanakan kegiatan ilmiah yang inovatif dan kreatif serta pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri yang relevan untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi di atas, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, unggul, profesional, dan mandiri, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan filsafat ilmu dan konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan multidisipliner.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi agar mampu bersaing secara global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.yang bertakwa, unggul, profesional, dan mandiri, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan filsafat ilmu dan konsep teoretis kebahasaan, kesastraan, pembelajaran, dan metodologi penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pendekatan multidisipliner.

 

PROFIL LULUSAN

Berdasar pada KKNI serta tinjauan pada visi, misi, dan tujuan program studi, profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas April sebagai berikut.

  1. Pendidik yang bertakwa kepada Tuhan YME, bermoral, beretika, dan berkeperibadian yang baik, bangga dan cinta tanah air, serta memiliki keunggulan intelektual, kepekaan sosial, menghargai keaneka ragaman budaya, serta memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Pendidik yang mampu mengembangkan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara proporsional dan profesional dalam dunia pendidikan, serta mampu bersosialisasi di masyarakat dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  3. Praktisi pendidikan bahasa yang memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan terutama dalam ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan menggunakan berbagai pendekatan baik pendekatan inter maupun multidisipliner.
  4. Peneliti yang kompeten dan mampu mengelola riset dan pengembangan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui berbagai kegiatan penelitian dengan menghasilkan karya kreatif, inovatif, original dan teruji secara intra dan interdisiplin keilmuan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat dan keilmuan, serta dapat mempublikasikan dan mengomunikasikannya baik secara lisan maupun tulisan yang mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  5. Eduprener yang kompeten dalam mengaplikasikan konsep kewirausahaan secara inovatif dan kreatif dalam merancang dan mengelola lembaga pendidikan.

 

KURIKULUM

No

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

 SKS

SMT

1 MKU2422101 Filsafat Ilmu

2

1

2 IND2422101 Struktur Bahasa Indonesia

2

1

3 PEN2422101 Metodologi Penelitian Pendidikan

2

1

4 IND2422102 Sastra Indonesia

2

1

5 IND2422103 Kajian dan Penulisan Jurnal Ilmiah

2

1

6 IND2422104 Analisis Wacana Kritis

2

1

7 IND2422205 Metodologi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia

2

2

8 PEN2422202 Etnopedagogi (Pengembangan Pendidikan Berbasis Budaya)

2

2

9 IND2422206 Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

2

2

10 MKP2422201 Filsafat dan Teori Pendidikan *

2

2

11 MKP2422202 Semantik*
12 MKP2422203 Pragmatik *
13 PEN2422203 Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia

2

2

14 IND2422207 Sosiolinguistik

2

2

15 IND2422308 Psikolinguistik

2

3

16 PEN2422304 Aplikasi Statistika Penelitian Pendidikan

2

3

17 IND2422309 Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

3

3

18 IND2422310 Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra

2

3

19 MKP2422304 Kritik dan Esai Sastra*

2

3

20 MKP2422305 Sastra Kontemporer *
21 IND2422411 Tesis

6

4

    Jumlah SKS yang Ditempuh

41