Pemaparan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembekalan PPLK 2022 FKIP UNSAP

Categories:

Panitia Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FKIP Universitas Sebelas April tahun 2022 mengadakan pembekalan yang diikuti oleh mahasiswa semester enam dari program studi Diksatrasia, Penmat, PJKR, PG PAUD, PGSD, dan PTM. Pembekalan ini dimaksudkan agar mahasiswa yang akan melakukan PPLK dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik dan sesuai dengan peraturan kampus.

Dalam acara pembekalan yang berlangsung dua kali yaitu pada Senin, 8 Agustus 2022 dan Selasa, 9 Agustus 2022 itu, panitia mengundang dua orang narasumber untuk menyampaikan materi mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka, yakni Dr. Rokayah, M.Pd. (Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas Sebelas April) dan Anto Irianto, M.Pd. (Dosen Prodi Diksatrasia FKIP Universitas Sebelas April).

Pemaparan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut dimaksudkan agar mahasiswa yang akan melaksanakan PPLK dapat lebih memahami isi dari Kurikulum Merdeka. Seperti tertuang dalam Kepmendikbudristek. No. 56 Tahun 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.

Harapannya tentu saja agar Mahasiswa paham dan mengerti apa perbedaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Duaribu Tigabelas, karena mulai tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan 30 September 2022 para mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta PPLK 2022 harus turun langsung ke sekolah-sekolah untuk menjadi tenaga pendidikan / guru pengajar.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Dekan FKIP Dr. Ece Sukmana, M.Pd. dalam sambutannya pada pembukaan pembekalan PPLK 2022. Beliau berharap agar mahasiswa lulusan FKIP Universitas Sebelas April dapat menjadi tenaga pendidik yang kompeten dalam bidangnya, dan siap bersaing untuk menjadi guru berkualitas.

Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) tahun 2022 ini akan diikuti oleh 369 orang mahasiswa yang dibagi ke dalam 43 sekolah di Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa FKIP UNSAP.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *